Radical Honesty (Kejujuran Yang Radical) VS Basa Basi

Radical Honesty (Kejujuran Yang Radical) VS Basa Basi

Gak banyak orang jujur didunia ini bray... karena kebanyakan paradigma yang salah bahwa kejujuran membawa kerugian telah banyak melanda di berbagai kalangan.

Kadang 2 nih yah bray... kita hanya mengambil statement yang menurut kita itu menguntungkan. gak peduli statement itu jujur, atau bohong... yang penting untung teroooouuuusss.. haha.. gak peruli kerugian yang diderita orang lain... gak wow bgt pokoknya.

Memang sih... nabi muhammad aja ngebolehin kita untuk berbohong demi kebaikan, misal ada DPR yang lagi disidang atas kasus tipikor, mereka pasti membela diri... gak ada DPR ngaku salah... n menyesali perbuatannya.

Itu karena menurut mereka jujur itu merugikan dan dia lagi jalanin sunnah nabi tentang berbohong demi kebaikan... maksud loe... buat kebaikan loe gitu??? haha... songong juga nih DPR.

Theory radical honesty yang dikarang oleh "Robert Brad Blanton" mengajarkan kita agar selalu jujur kepada wanita, dan kepada siapapun. karena kejujuran merupakan "nilai" yang harus dijaga. bukan untuk dihindari.

Seorang yang sudah menyadari bahwa kehidupan ini layaknya sebuah film, dan kita lah peran utamanya... gak mungkin deh... ngecewain penonton dengan sifat buruk gak jelas kayak gitu.. gak mungkin juga membiarkan nilainya jatuh. baik dari kacamata Tuhan, ataupun kacamata manusia jika ketahuan.

"Jika suatu hal kau awali dengan kebohongan.. nantinya kau akan lelah karena berkerja sangat-sangat ekstra keras dan dalam waktu lama agar tingkat kebohongan itu turun mendekati kejujuran tanpa ada kerugian." catet tuh bray.

Contoh nih kalo mo kenalan ama cewek aja dulu kayaknya... ketika maju, pasti dah loe bicara ngalor ngidul ngetan ngulon... basa basi bgt dah pokoknya... ujung-ujungnya weh... malah minta no handphone... hadeehhhh (emot plak dijidat).

Ok gue juga jelasin dari sudut pandang cewek.. biasanya ketika ada cowok basa basi gak jelas, cewek mikir," apaan c nih cowok... gak wow bgt deeh... kayak pake topeng".

Kalopun loe dapet nomornya.. pasti dah tuh dari situ loe fikir perjuangan telah dimulai... (padahal loe dah turn of perjuangan dari awal... xixixi...). kublak kublek gak jelas... intinya loe bakal capek sendiri gimana cara mengungkapkan maksud sebenernya dari kenalan yang dulu itu.

Setelah proses perjuangan berlangsung lama... baru deh tuh,,, bilang.. " cewek itu memank racun duniaaaaa". hadeh mo bilang dottolak gak tega gue... tapi memank itu kenyataannya,., hehe.

Nah!!! bakal beda ceritanya kalo ente bisa jujur dari awal kenalan. bila perlu jujur dah tuh kalo loe lagi cari cewek untuk dijadiin kekasih misalnya... haha walopun terkesan aneh... tapi lihat respon cewek setelah itu.

83% cewek memilih pria yang jujur... jadi ngapain loe capek 2 memerangi peprangan kosong gak jelas dan gak wow kayak tadi.

Kalo bisa jujur kan dari awalpun udah kelihatan.. kalo mau ya syukur, kalo gak ya gondrong. hehe... intinya ini cuma contoh... pada umumnya kalo bisa jujur mah kesananya gampang... ok jelas brray... be honest.

Dalam postingan lainnya udah dijelasin banyak tentang kecenderungan manusia mengambil statement yang hanya menguntungkan bagi dirinya gak peduli itu jujur atau bohong.

Sebenernya ada banyak manfaat kejujuran... tapi karena gue nie admin specialis cinta... mungkin hanya gue terangkan manfaat kejujuran bagi percintaan. selebihnya bisa loe-loe pada kembangin sendiri.

Kebanyakan orang terlalu sering bohong, dan karena keseringan itulah kebohongan akan jadi watak... bahkan ketika jika jujurpun dia gak merugi, secara gak sadar loe bakal bakal milih statement yang bohong... yang nantinya bakal capek sendiri gimana ngebetulinnya.

Gue terinspiratif bgt sama status pak @andi eswoyo (dosen saya walopun gak lulus mata kuliahnya... hehe) tentang hadist nabi.saw. "bahwa jihad yang paling utama adalah ketika berani berkata benar kepada seorang yang menyeleweng."

Nah!!! kalo sama pemimpin aja kita disuruh untuk memperingatkan. apalagi sama rakyat jelata yang notabene bukan pemimpin... pernah suatu kasus pdkt. aku mau dating sama seorang cewek... janjian jam 3 sore bray... kudah nunggu lama gak dateng juga.

Ku telfon ku sms gak da respon... yaudah kununggu aja... weh jam setengah lima dia baru ngabarin kalo disana ujan gede sa'kebo kebo... hehe... dititik itu aku bingung...sisetan disamping gue ngomong.. "udah ngertiin aja ngapa, sedikit basa basi, tunjukan kebaikanmu... sembunyikan jujurmu... jujur hanya akan merugikanmu..."

Pak malaikat baik malah merekomendasikan untuk berkata jujur atas apa yang aku gak suka... gak peduli apapun yang akan terjadi.. yang penting disini aku jadi diri sendiri... dan gak pake topeng.

Ya aku lebih milih untuk jujur.. " iya aku ngerti banget, tapi apa kamu gak bisa ngabarin aku lebih awal... jadinya aku kan aku gak nunggu kayak gini... dah 1 setengah jam loh". yah walopun dia marah dan gak mau kenal aku lagi, minimal aku tau sifat buruknya,.. yg pasti aku gak mau punya cewek pengingkar janji gak jelas kayak dia... hehe

Nah!!! untuk kalian 2 yang lagi jalin relationship, radical honesty juga bermanfaat untuk merubah sifat buruk pasanganmu... hampir sama kayak diatas... kalo pasangan loe terlalu posesif, cemburuan, dan bikin kalian gak nyaman dengan perlakuannya sama kamu.

Kamu tinggal bilang... " aku gak suka digini'in, pokoknya kalo kamu gini terus, hapus nomor aku, hapus facebook,twiter,friendster, pager, (kalo yang masih kuno hehe..). kamu gak usah hubungi aqika lagi" hehe

Hanya ada dua pilihan baginya kalo kalian lakukan radical honesty, kalo dia cinta sama kamu dia akan menyadari bahwa apa yang dia berikan sama kamu itu salah, dan dia akan pergi jika tak mau merubahnya, dan sekali lagi loe gak buang waktu buat pasangan yang gak cocok dengan mu.

Kebanyakan orang akan milih basa basi dan terperangkap dalam kebohongan dan tak bisa keluar... yang akhrnya adalah kekecewaan yang mendalam. kejujuraan adalah nilai yang bahkan bisa jadi nilai plus loe... bukan sebagai hal yang merugikan.. be honest.