Hadits Sholawat 1000 Kali + Fadhilah Dan Bacaannya

Hadits Sholawat 1000 Kali + Fadhilah Dan Bacaannya

Dalam mengamalkan sesuatu lebih baiknya memang harus mempunyai dasar keilmuannya, tidak terkecuali dalam mengamalkan sholawat. Dengan dasar tersebut selanjutnya KangTeja akan membahas tentang hadits sholawat 1000 kali. Selain dasar keilmuan yang menjadi penguat dalam mengamalkan sesuatu, sanad juga termasuk sebagai penguat amalan tersebut. Hadits sholawat 1000 kali yang akan kita bahas ini semoga dapat menjadi penguat dalam mengamalkan sholawat yang berdasarkan hadits sholawat 1000 kali.

Terlepas dari pembahasan awal, sebenarnya dalam mengamalkan jumlah sholawat itu tidak harus mengunakan dalil hadits yang menjelaskan jumlah mengamalkan sholawat sebanyak 1000 kali, bahkan seorang ulama Buntet pesantren Cirebonpun mengatakan bahwa membaca sholawat yang disertai dengan riapun tetap akan mendapatkan pahala, berbeda dengan amalan dzikir yang lain. Landasan dawuh kiai tersebut sebenarnya sudah cukup untuk membuat kita lebih kuat dalam mengamalkannya, baik itu jumlahnya berapa, bahkan sampai seribu kalipun.

Dari hasil penelusuran yang KangTeja dapatkan yaitu belum menemukan hadits yang secara gamblang menyebutkan jumlah dalam membaca sholawat secara langsung, namun hanya dengan bahasa anjuran memperbanyak dan keutamaannya, seperti hadits hadits dibawah ini :

الصلاة علي نور يوم القيامة عند ظلمة الصراط فأكثروا من الصلاة علي
Bershalawat kepadaku adalah cahaya di hari kiamat di saat gelapnya shirat. Maka perbanyaklah membaca shalawat kepadaku
أكثروا من الصلاة علي فأن أول ما تسألون في القبر عني
Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku. Sesungguhnya yang pertama kali ditanyakan kepada kalian di kubur adalah tentang aku
ان أنجاكم يوم القيامة من أهوالها أكثركم علي صلاة في دار الدنيا
Orang yang paling selamat di antara kalian dari kedahsyatan hari kiamat adalah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku di antara kalian
من عسرت عليه حاجته فليكثر من الصلاة علي فانها تكشف الهموم والغموم والكروب وتكثر الأرزاق وتقضي الحوائج
Barang siapa yang susah memenuhi hajatnya maka perbanyaklah membaca shalawat kepadaku. Karena sesungguhnya shalawat dapat menyingkap keresahan, kegundahan, dan kesempitan serta dapat memperbanyak rezeki dan menunaikan kebutuhan-kebutuhan.

Fadhilah Membaca Sholawat 1000x

Sebenarnya banyak sekali khasiat dari membaca sholawat 1000 kali, misalnya shallallahu ala muhammad 1000 kali, namun KangTeja akan memberikan beberapa saja fadhilah membaca sholawat 1000x. Dibawah ini meripakan pengalaman ataupun dawuh ulama mengenai khasiat membaca sholawat seribu kali yang dilansir oleh NU Online:

  • Nyai Nadziroh seorang ulama perempuan menantu dari KH Bisri Sansuri yang wafat di usia 80 tahun pada Senin (19/3/2018) tersebut penah dawuh bahwa jika ingin hajatnya mudah terkabul maka bacalah sholawat 1000 kali saban hari.
  • KH Achmad Masduqie Machfudh sewaktu muda dapat lulus ujian akhir sekolah walaupun ia tidak diperbolehkan belajar sama sekali karena sakit ganggunan jin yang ia alami, tetapi berkat membaca sholawat minimal 1000 kali ia dapat mengerjakan ujian dengan baik, hingga lulus
  • Kiai Khalimi dipermudah dalam mengurus masalah pembangunan (missal: masjid, sekolah, atau madrasah) berkat membaca sholawat Kholiliyah atau biasa dikenal dengan sholawat jibril 1000 kali atau 15.000 kali dalam satu majelis. Amalan tersebut beliau dapatkan dari KH Busyro Muqaddas murid KH Mahrus Ali Lirboyo, yang mana KH Mahrus Ali Lirboyo mendapatkan ijazah tersebut dari Kiai Kholil Bangkalan

Bacaan Sholawat Nabi 1000 Kali

Bacaan sholawat 1000 kali sehari dari ketiga pengalaman diatas yang dengan jelas menyebutkan jenis sholawatnya yaitu Kiai Khalimi, bacaan sholawat nabi 1000 kali yang ia amalkan yaitu dengan membaca sholawat Kholiliyah atau sholawat jibril.

Kesimpulan dari pembahasan tentang hadits sholawat 1000 kali yaitu KangTeja belum menemukan hadits yang secara langsung menyebutkan jumlah 1000 dalam mengamalkan sholawat, hanya yang KangTeja temukan yaitu dengan kata memperbanyak, sehingga bacaan sholawat nabi 1000 kali ini boleh dilakukan. Walaupun KangTeja belum menemukan haditsnya namun banyak dicontohkan oleh ulama ulama kita dan tidak hanya itu, para ulama kita juga langsung merasakannya sendiri dari fadhilah membaca sholawat 1000x ini.