Nikmatnya Soto Khas Brebes Milik H. Ridwan Ketanggungan

Nikmatnya Soto Khas Brebes Milik H. Ridwan Ketanggungan

Jika kita berbicara tentang kuliner di wilayah pantura, maka diantaranya kita akan menemui jenis makanan soto yang menjadi khas daerah tertentu.

Daerah yang mempunyai soto yang khas khususnya diwilayah pantura diantaranya yang paling populer yaitu daerah pemalang dengan soto grombyang, daerah Pekalongan dengan soto tauto, kemudian daerah semarang dengan soto ayam bangkong, selanjutnya daerah Pati dengan soto kemiri dan terakhir yang tentunya tidak kalah enak yaitu Soto Sauto yang menjadi khas Kabupaten Brebes.

Dengan tampilan yang enak dan padat, Soto Sauto Brebes merupakan perpaduan bumbu tauco dengan rempah-rempah lainnya, dengan tampilan sajian yang hampir sama dengan soto tauto Pekalongan namun Soto Sauto Brebes mempunyai rasa yang lebih gurih dari tauto Pekalongan.

Pembeda dari rasa Soto Sauto Brebes dan Tauto Pekalongan yaitu bumbu tauco pada Soto Sauto Brebes mempunyai perpaduan rasa manis, asam dan asin yang pas sehingga mengeluarkan rasa yang cocok dilidah.

Dalam sajiannya, biasanya Soto Sauto Brebes terdiri dari mulai nasi, suwiran daging ayam, toge, irisan kol dan beberapa pelengkap seperti seledri, daun bawang serta sambal. Kemudian dibasahi dengan siraman kuah kaldu yang diracik dari tauco dan rempah-rempah lainnya sehingga menghasilkan rasa yang gurih, enak dan khas.

Satu-satunya warung yang populer yang menjual Soto Sauto Khas Brebes yaitu warung “SUKA MAMPIR” Bpk. H.Ridwan yang terletak di wilayah Ketanggungan, Brebes, tepatnya dijalan KH. Ahmad Badawi (Blok Panggung).

Kalau penasaran dengan Soto Sauto Khas Brebes yang satu ini mampirlah kewarung tersebut, disana Soto Sauto Brebes sudah siap menggoyang dan memanjakan lidah para penggemar soto.

food.detik.com/info-kuliner/sepanjang-pantura-ada-soto-brebes-sampai-soto-bangkong-yang-mantap