Biodata Shah Rukh Khan: Biografi, Profil, Umur & Tanggal Lahir

Biodata Shah Rukh Khan: Biografi, Profil, Umur & Tanggal Lahir

Profil Shahrukh Khan

Shahrukh Khan (bahasa Hindi: शाहरुख़ ख़ान, bahasa Urdu: شاہ رخ خان atau biasa dikenal sebagai SRK, adalah seorang pemeran film, produser dan pembawa acara televisi asal India. Disebut dalam media sebagai "Baadshah of Bollywood", "King of Bollywood" atau "King Khan", ia tampil dalam lebih dari 80 film Bollywood, dan meraih sejumlah penghargaan, termasuk 14 Penghargaan Filmfare. Khan memiliki penggemar berjumlah signifikan di Asia dan diaspora India di seluruh dunia. Dalam hal jumlah audien dan pemasukan, ia disebut sebagai salah satu bintang film paling sukses di dunia.

Tanggal Lahir Shahrukh Khan

Shah Rukh Khan lahir di New Delhi - India pada tanggal 2 November 1965.

Umur Shah Rukh Khan

Pada saat KangTeja menulis ini yaitu pada tahun 2022 Shah Rukh khan terhitung berumur kurang lebih 57 tahun

Biografi Shahrukh Khan

Khan memulai karirnya dengan tampil dalam beberapa serial televisi pada akhir 1980an. Ia membuat debut Bollywoodnya pada 1992 dengan film Deewana. Pada awal karirnya, Khan dikenal karena memerankan peran-peran jahat dalam film-film Darr (1993), Baazigar (1993) dan Anjaam (1994). Ia kemudian naik daun setelah membintangi serangkaian film percintaan, yang meliputi Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995), Dil To Pagal Hai (1997), Kuch Kuch Hota Hai(1998), Mohabbatein (2000) dan Kabhi Khushi Kabhie Gham... (2001).

Ia meraih sambutan meraih atas perannya sebagai seorang pemabuk dalam film Devdas (2002), seorang ilmuwan NASA dalam film Swades (2004), seorang pelatih hoki dalam film Chak De! India (2007) dan seorang pria pengidap sindrom Asperger dalam film My Name Is Khan (2010). Film-film berkeuntungan tertingginya meliputi film-film komedi Chennai Express (2013) dan Happy New Year (2014). Beberapa filmnya berisi tema-tema identitas nasional India dan hubungan dengan komunitas diaspora, atau perbedaan dan keragaman gender, ras, sosial dan agama.

Untuk kontribusinya pada perfilman, Pemerintah India menganugerahinya dengan Padma Shri, dan Pemerintah Perancis menganugerahinya dengan Ordre des Arts et des Lettres dan Légion d'honneur. Pada 2015, Khan menjadi salah satu ketua dari perusahaan produksi perfilman Red Chillies Entertainment dan subsidier-subsidiernya, dan salah satu pemilik dari tim kriket Liga Primer India Kolkata Knight Riders.

Ia adalah seorang presenter televisi dan pementas acara panggung. Media sering menyebutnya sebagai "Brand SRK" karena beberapa pendutaan dan pabean kewirausahaannya. Karya filantropik Khan menyediakan perawatan kesehatan dan pemulihan bencana, dan ia dianugerahi penghargaan Pyramide con Marni oleh UNESCO pada 2011 atas dukungannya terhadap pendidikan anak-anak. Ia giat tampil dalam daftar-daftar tokoh paling berpengaruh dalam budaya India, dan pada 2008, Newsweek mengangkatnya menjadi salah satu dari lima puluh tokoh paling berkuasa di dunia.

Pada Agustus 2017, ia menjadi pemeran berbayaran tertinggi kedelapan di dunia, dan berbayaran tertinggi di India, menurut Forbes. Meskipun Khan diberi nama lahir Shahrukh Khan, ia lebih sering menulis namanya dengan sebutan Shah Rukh Khan, dan umum disebut dengan akronim SRK. Ia menikahi Gauri Chibber, seorang Hindu Punjabi, dalam sebuah upacara perkawinan Hindu tradisional pada 25 Oktober 1991, setelah menjalin hubungan selama enam tahun.

Mereka memiliki seorang putra bernama Aryan (kelahiran tahun 1997) dan seorang putri bernama Suhana (kelahiran tahun 2000). Pada 2013, mereka mendapatkan seorang anak ketiga bernama Abram, yang lahir melalui seorang ibu surogasi. Menurut Khan, meskipun ia sangat meyakini Islam, ia juga menghargai agama istrinya. Anak-anaknya mengikuti kedua agama tersebut; di rumah, sebuah al-Qur'an diletakkan bersebelahan dengan patung-patung dewa Hindu.

Penghargaan yang Diraihnya: Khan adalah salah satu pemeran Bollywood berpenghargaan terbanyak. Ia telah meraih 14 Penghargaan Filmfare dari 30 nominasi dan penghargaan istimewa, termasuk delapan untuk Aktor Terbaik; ia berpasangan pada sebagian besar kategori tersebut dengan Dilip Kumar. Khan telah memenangkan penghargaan Aktor Terbaik Filmfare untuk film-film Baazigar (1993), Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995), Dil To Pagal Hai (1997), Kuch Kuch Hota Hai (1998), Devdas (2002), Swades (2004), Chak De! India (2007) dan My Name Is Khan (2010).

Berkali-kali, ia mengumpulkan tiga dari lima nominasi Aktor Terbaik Filmfare. Meskipun ia tak pernah memenangkan Penghargaan Film Nasional, ia dianugerahi Padma Shrioleh pemerintah India pada tahun 2005. Pemerintah Perancis menganugerahinya Ordre des Arts et des Lettres(2007), dan penghargaan sipil tertingginya, Légion d'honneur (2014).

Karir Shah Rukh Khan

Di Mulai Pada Tahun 1988–92: Debut Televisi & Film

Peran pertama yang dibintangi Khan adalah dalam serial televisi Lekh Tandon Dil Dariya, yang memulai syuting pada 1988, namun penundaan produksinya membuat serial tahun 1989 Fauji menjadi debut televisinya. Dalam serial tersebut, yang menggambarkan sorotan realistis di pelatihan kadet tentara, ia memainkan peran utama Abhimanyu Rai Ini berujung pada penampilan lanjutan dalam serial televisi Aziz Mirza Circus (1989–90) dan serial mini Mani Kaul Idiot (1991).

Khan juga memainkan bagian-bagian kecil dalam serial-serial Umeed (1989) dan Wagle Ki Duniya (1988–90), dan dalam film televisi berbahasa Inggris In Which Annie Gives It Those Ones (1989). Penampilannya dalam serial-serial tersebut membuat para kritikus membandingkan penampilan dan gaya aktingnya dengan pemeran film Dilip Kumar, namun Khan tak berniat berakting film pada masa itu, dengan menganggap bahwa ia tak terlalu baik dalam hal tersebut.

Khan mengubah keputusannya untuk berakting dalam perfilman pada April 1991, dengan alasan itu merupakan sebuah jalan untuk melarikan diri dari kenangan kematian ibunya. Ia pindah dari Delhi ke Mumbai untuk menjalani karier waktu penuh di Bollywood, dan dengan cepat menandatangani kontrak untuk empat film. Tawaran pertamanya adalah untuk debut penyutradaraan Hema Malini Dil Aashna Hai, dan pada bulan Juni, ia memulai pengambilan gambar pertamanya.

Debut filmnya adalah dalam Deewana, yang dirilis pada Juni 1992. Dalam film tersebut, ia beradu peran dengan Divya Bharti sebagai pemeran laki-laki utama kedua setelah Rishi Kapoor. Deewana menjadi hit box office dan meluncurkan karier Bollywood Khan; ia meraih Penghargaan Debut Laki-laki Terbaik Filmfare atas penampilannya. Selain itu, film-film pertama lainnya yang dirilis pada 1992 yang menampilkan Khan sebagai pemeran laki-laki utama meliputi Chamatkar, Dil Aashna Hai, dan film komedi Raju Ban Gaya Gentleman, dimana ia pertama kali berkolaborasi dengan aktris Juhi Chawla. Peran-peran film awalnya menampilkannya memainkan karakter-karakter yang menyimpan energi dan keantusiasan.

1993–94: Peran Jahat

Sepanjang perilisan tahun 1993, Khan meraih banyak apresiasi atau peran-peran jahat dalam dua hit box office: seorang kekasih obsesif dalam film Darr, dan seorang pembunuh dalam film Baazigar. Darr menandai kali pertama dari beberapa kolaborasi Khan dengan pembuat film Yash Chopra dan perusahaannya Yash Raj Films. Kemampuan Khan dan pemakaian frase "Aku mencintaimu, K-k-k-Kiran" menjadi populer di kalangan audien. Untuk film Darr, ia meraih sebuah nominasi untuk Penghargaan Filmfare untuk Pementasan Terbaik dalam sebuah Peran Negatif, juga dikenal sebagai Penghargaan Peran Jahat Terbaik, namun kalah dengan Paresh Rawal untuk film Sir. Baazigar, dimana Khan memainkan sebuah peran ambigu yang membunuh pacarnya, mengejutkan audien India dengan kekerasan tak terduga dari rumus Bollywood standar.

Dalam The Cambridge Companion to Modern Indian Culture, Sonal Khullar menyebut karakter tersebut sebagai "peran jahat terkonsumsi".Penampilannya dalam film Baazigar, yang menjadi kali pertama dari beberapa penampilannya dengan aktris Kajol, membuat Khan memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Aktor Terbaik pertamanya. Pada 2003, Encyclopedia of Hindi Cinema menyatakan bahwa Khan "menampilkan citra pemeran utama konvensional dalam kedua film tersebut dan menciptakan versinya sendiri dari peran revisionis".Selain itu pada 1993, Khan menampilkan sebuah adegan telanjang dengan Deepa Sahi dalam film Maya Memsaab, meskipun bagian tersebut disensor oleh Badan Sertifikasi Film Pusat. Kontroversi menimpanya terhadap adegan-adegan semacam itu dalam peran-peran mendatang.

Pada 1994, Khan memerankan seorang musisi yang jatuh cinta dalam film komedi-drama Kundan Shah Kabhi Haan Kabhi Naa dimana ia beradu peran dengan Deepak Tijori dan Suchitra Krishnamurthy, yang kemudian ia nyatakan menjadi peran favoritnya. Penampilannya membuatnya meraih Penghargaan Kritikus Filmfare untuk Penampilan Terbaik, dan dalam sebuah ulasan retrospektif dari tahun 2004, Sukanya Verma dari Rediff.com menyebutnya sebagai penampilan terbaik Khan, dengan berkata bahwa "Ia spontan, mulia, jantan, tak bekesudahan dan berpendirian akting dari hati."

Selain itu pada 1994, Khan memenangkan Penghargaan Perang Jahat Terbaik Filmfare atas perannya sebagai seorang kekasih obsesif dalam film Anjaam, yang juga dibintangi oleh Madhuri Dixit dan Deepak Tijori. Pada masa itu, memainkan peran-peran antagonistik dianggap beresiko pada karier pemeran utama dalam Bollywood. Ray kemudian menyanjung Khan karena telah mengambil "resiko insani" dan "menekan tabir" dengan memilih untuk memainkan karakter-karakter semacam itu, dengan mendirikan karirnya di Bollywood. Sutradara Mukul S. Anand menyebutnya "wajah baru industri" pada masa tersebut.

1995–98: Peran Percintaan

Khan dengan Kajol pada 2014 saat perayaan 1000 pekan penayangan berkelanjutan dari film mereka Dilwale Dulhania Le Jayenge.

Khan membintangi tujuh film pada 1995, yang pertama adalah film cerita seru melodrama Rakesh Roshan Karan Arjun. Beradu peran bersama dengan Salman Khan dan Kajol, film tersebut menjadi film berkeuntungan tertinggi kedua pada tahun tersebut di India. Perilisan paling signifikannya pada tahun tersebut adalah debut penyutradaraan Aditya Chopra, film percintaan Dilwale Dulhania Le Jayenge, dimana ia memerankan seorang India non-residen muda yang jatuh cinta dengan karakter Kajol saat berkunjung ke Eropa. Khan awalnya gugup memerankan peran seorang kekasih, namun film tersebut dikenal karena mendirikannya sebagai sebuah "peran percintaan".Disanjung oleh para kritikus dan masyarakat, film tersebut menjadi produksi berkeuntungan tertinggi pada tahun tersebut di India dan luar negeri dan dideklarasikan menjadi sebuah "blockbuster sepanjang masa" oleh Box Office India, dengan keuntungan lebih dari ₹1,22 miliar (US$19 juta) di seluruh dunia.

Film tersebut mrupakan film yang paling lama ditayangkan dalam sejarah perfilman India; film tersebut masih ditampilkan di teater Maratha Mandir di Mumbai setelah lebih dari 1000 pekan pada awal 2015. Film tersebut memenangkan sepuluh Penghargaan Filmfare, termasuk Penghargaan Aktor Terbaik kedua yang diraih oleh Khan. Sutradara dan kritikus Raja Sen berkata, "Khan memberikan sebuah penampilan cerdik, mendefinisikan ulang kekasih untuk 1990an dengan penampilan besar. Ia tampan dan berselip, namun tak tertandingi [bagi kalangan audien]. Penampilannya sendiri, seperti hal yang terbaik dalam bisnis, juga memainkan kemampuan tak terupaya, seperti halnya non-akting.