Shahid Kapoor Biodata & Profil

Shahid Kapoor Biodata & Profil

Shahid Kapoor ( diucapkan [ʃaːɦɪd̪ kəˈpuːr] ; lahir 25 Februari 1981), juga dikenal sebagai Shahid Khattar , adalah seorang aktor India yang muncul dalam film-film Hindi.

Dikutip di media sebagai salah satu selebriti India yang paling menarik, Kapoor mempertahankan popularitasnya meskipun lintasan karirnya berfluktuasi. Awalnya dikenal untuk menggambarkan peran romantis, Kapoor telah mengambil bagian dalam film aksi dan thriller. Dia adalah penerima beberapa penghargaan, termasuk tiga Penghargaan Filmfare.

Putra aktor Pankaj Kapur dan Neelima Azeem , Kapoor lahir di New Delhi. Orangtuanya berpisah ketika dia berusia tiga tahun, dan dia terus tinggal bersama ibunya. Mereka pindah ke Mumbai ketika ia berusia 10 tahun, di mana ia bergabung dengan akademi tari Shiamak Davar.

Kapoor muncul sebagai penari latar dalam beberapa film pada 1990-an, dan kemudian ditampilkan dalam video musik dan iklan televisi. Dia membuat debut filmnya pada tahun 2003 dengan peran utama dalam komedi romantis Ishq Vishk , hit tidur yang ia memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Debut Pria Terbaik . Dia mengikutinya dengan peran dalam beberapa kegagalan komersial sebelum membintangi drama keluarga Sooraj Barjatya yang terlaris Vivah (2006).

Kapoor mendapatkan nominasi untuk Penghargaan Filmfare untuk Aktor Terbaik karena menggambarkan seorang pengusaha bermasalah dalam komedi romantis Imtiaz Ali , Jab We Bertemu (2007) dan saudara kembar dalam film Vishal Bhardwaj, film thriller Kaminey (2009). Setelah muncul di seri lain dari box office flops, ia membintangi film aksi sukses secara komersial R ... Rajkumar (2013).

Kapoor menerima pujian kritis untuk menggambarkan karakter Hamlet dalam tragedi Bhardwaj's Haider (2014) dan penyanyi penyalahguna narkoba dalam drama kejahatan Udta Punjab (2016). Untuk yang pertama, ia memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Aktor Terbaik dan untuk yang terakhir, ia memenangkan Filmfare Critics Award untuk Aktor Terbaik .Rilisan tertinggi Kapoor datang pada 2018 dengan drama periode Padmaavat , di mana ia memerankan Rawal Ratan Singh.

Selain akting, Kapoor mendukung amal, host upacara penghargaan, dan telah tampil sebagai juri bakat di reality show tari Jhalak Dikhhla Jaa Reloaded(2015). Dia menikah dengan ibu rumah tangga Mira Rajput, dengan siapa dia memiliki seorang anak perempuan.