Biografi Artis Bollywood Saif Ali Khan

Biografi Artis Bollywood Saif Ali Khan

Saif Ali Khan ( diucapkan [ˈsɛːf əˈli ˈxaːn] ; dia adalah seorang aktor dan produser film India. Putra dari aktris Sharmila Tagore dan almarhum cricketer Mansoor Ali Khan Pataudi , Khan membuat debut aktingnya dalam drama Yash Chopra yang gagal, Parampara(1993), tetapi meraih sukses dengan perannya dalam drama romantis Yeh Dillagi dan film laga Utama Khiladi Tu Anari (keduanya 1994).

Karir karir Khan menurun sampai banyak tahun 1990-an, dan keberhasilan komersial terbesarnya dalam dekade ini datang dengan drama ensemble Hum Saath-Saath Hain (1999). Dia menjadi terkenal dengan peran dalam dua ensemble komedi-drama — Dil Chahta Hai (2001) dan Kal Ho Naa Ho (2003).

Khan lahir pada 16 Agustus 1970 di New Delhi , India untuk Mansoor Ali Khan Pataudi , mantan kapten tim kriket nasional India , dan istrinya, Sharmila Tagore , seorang aktris film. Dari tahun 1952-1971, Pataudi memegang gelar Nawab dari Pataudi , tetapi setelah kematiannya upacara pagri diadakan di desa Pataudi , Haryana untuk memahkotai Khan sebagai Nawab kesepuluh Pataudi.

Khan memiliki dua adik perempuan, Saba dan aktris Soha Ali Khan , dan merupakan cucu dari paternal dari Iftikhar Ali Khan Pataudi yang bermain untuk tim kriket India di Inggris pada tahun 1946 . Khan adalah keturunan Bengali dominan di sisi ibunya, dan di sisi ayahnya dia keturunan Pathan.

Khan adalah penerima beberapa penghargaan , termasuk Penghargaan Film Nasional dan enam Penghargaan Filmfare , dan menerima Padma Shri , penghargaan sipil tertinggi keempat India , pada tahun 2010. Dia telah terkenal karena penampilannya dalam berbagai genre film -dari drama kriminal untuk thriller dan romansa sesekali-dan peran filmnya telah dikreditkan dengan berkontribusi pada perubahan dalam konsep pahlawan film Hindi.

Khan menikah dengan istri pertamanya, Amrita Singh , selama tiga belas tahun, setelah menikahi aktris Kareena Kapoor. Dia memiliki tiga anak — dua dengan Singh dan satu lagi dengan Kapoor. Selain akting film, Khan sering menjadi presenter televisi, pemain panggung dan pemilik perusahaan produksi Illuminati Films.