Asal Usul Telur Asin Brebes dan Produksinya di Indonesia

Asal Usul Telur Asin Brebes dan Produksinya di Indonesia

Segala sesuatu yang ada pasti tidak lepas dari asal usul atau sejarahnya, begitupula dengan telor asin brebes. Asal usul telur asin brebes sangat jarang sekali diperbincangkan bahkan oleh warga brebes sendiri. Hal tersebut memunculkan dua kemungkinan, yang pertama kemungkinan karena asal usul telur asin brebes memang sudah diketahui oleh berbagai kalangan dan berbagai usia, baik oleh orang tua, usia dewasa bahkan oleh anak anak dan yang kedua kemungkinan karena asal usul telur asin brebes memang jarang sekali yang tahu tentang data dan informasi tentang hal tersebut.

Diluar masalah diatas, nikmatnya telur asin brebes memang dapat menjadikan kita merasa bersyukur atas kenikmatan yang kita rasakan sehingga kita mulai ingin mengetahui sejarah telur asin brebes yang nikmat tersebut. Ketika menikmati telur asin dalam pikiran kita langsung terlintas pertanyaan: Telur asin brebes pertama kali dibuat oleh siapa ? Asal muasal telur asin Brebes itu bagaimana ?

Telur Asin China ???

Memang telur asin brebes dalam sejarahnya tidak bisa terlepas dari orang china, perlu diingat yakni orang china bukan telur china ataupun telur asin china. Sebelum adanya berbagai macam jenis dan rasa telur asin seperti oven, bakar dan asap yang nantinya kita akan bertemu dengan sejarah telur asin asap dan sebaginya, orang china merupakan penemu telur asin yang pertama kali.

Pada tahun 1950-an mulai ada pengusaha telur asin pertama kali di Brebes yaitu dari keluarga asal negeri bambu China, ia adalah pasangan suami istri bernama In Tjiau dan Tan Polan Nio. Pada waktu itu telur asin masih tergolong makanan yang eksklusif karena produksinya yang memang masih terbatas dan juga pemasarannya yang kebanyakan di Jakarta.

Seiring berjalannya waktu usaha telur asin pasangan keluarga In Tjiau dan Tan Polan Nio semakin berkembang dan jumlah pelanggan pun semakin bertambah sehingga ia harus memproduksi telur asin lebih banyak lagi. Pasangan keluarga asal negeri bambu itupun akhirnya merekrut pekerja untuk membantu dalam pelayanan.

Hingga pada suatu ketika pekerja tersebut akhirnya keluar dari toko tersebut dan membuat usaha telur asin sendiri dengan bekal pengetahuan yang ia dapatkan dari pengalamannya selama bekerja di toko Tjiau dan Tan. Seperti yang kita lihat saat ini, sejak pekerjanya keluar akhirnya brebes menjadi terkenal sebagai sentra telur asin yang sangat terkenal.

Kandungan Telur Asin

Sejak zaman asal usul telur asin brebes memang adanya telur asin tersebut tidak hanya mempunyai rasa asin belaka, namun kandungan telur asin yang terdapat didalamnyapun sangat baik, yakni mengandung banyak energi dan kalsium didalamnya yang selanjutnya tinggal kita perlu tahu tentang ciri ciri telur asin yang asli agar ketika membeli memang mempunyai kandungan manfaat yang kita ketahui.

Produksi Telur Asin di Indonesia

Tidak hanya di daerah brebes saja, namun telur asin kini banyak diproduksi di berbagai daerah di Indonesia. Produksi telur asin di Indonesia yang saat ini kita ketahui bersama bahwa hampir disetiap daerah ada produsen dan penjual telur asin namun Telur asin Brebes yang masih menjadi primadona rasa telur asin yang sejati. Dengan pengolahan dalam pembuatannya yang alami yang dapat menghasilkan telur asin yang mempunyai rasa yang nikmat dengan ciri yang khas yaitu kuning telurnya masir atau mempunyai tekstur yang seperti pasir. Kini tinggal kita sendiri yang wajib mengetahui jenis telur asin yang asli dan yang palsu, karena diluar brebes banyak penjual telur asin yang palsu, dengan menyuntikan rasa asin didalamnya.

Demikian sedikit ulasan tentang asal usul telur asin brebes yang berasal dari telur asin china (pembuatnya) hingga sampai juga kita mengetahui kandungan telur asin yang baik dan pembahasan produksi telur asin di Indonesia saat ini. Semoga dapat menjadi pengetahuan bersama dan bermanfaat. Terimakasih…